STUDY TOUR MTS AR-RAHMAH TAHUN 2012


Outdoor education is, an experimential method of learning by doing, which takes
place primarily through exposure to the out-of-doors. In outdoor education, the emphasis
for the subject of learning is placed on RELATIONSHIP: relationship concerning human
and natural resources.
Outdoor education is the use of outdoors for educational purpose. Outdoor
education often involves small groups actively engaged in adventurous activities for
personal growth under the guidance of an instructor or leader (Priest (1986) dalam Tri IL (2008: 5))

Pendidikan sebagai investasi manusia (Hari Yulianto) sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Lahirnya konsep pendidikan di alam adalah manifestasi dari pendidikan di luar ruangan. Alam sebagai media belajar merupakan solusi ketika terjadi kejenuhan atas metodologi pendidikan di dalam kelas. Dari pemikiran inilah Walt Whitmant mencoba memperbaharuhi metodologi itu dengan penekanan pada proses aktivitas di luar kelas. Pendidikan dan latihan di luar kelas dapat menggantikan proses pendidikan konvensional (kelas/ ruangan) yang selama ini dilakukan secara masif. Akibatnya model pendidikan tersebut lebih berorientasi pada nilai-nilai kuantitatif , bukan pada proses pengenalan lebih dalam pada sumber-sumber pengetahuan ( F Herry, 2008:2).

Paradigma baru sekarang ini adalah menjadikan alam sebagai tempat wisata sekaligus media pendidikan. Kolaborasi konsep wisata dan pendidikan telah banyak dilakukan oleh masyarakat kita, seperti program Ghatering, Outing, Outward bound dll. Tingginya animo masyarakat menggunakan alam untuk beraktivitas harus diimbangi dengan proses penyadaran mengenai arti lingkungan dan permasalahannya serta proses
transfer of skill yang mempunyai hubungan timbal balik.

Melihat realita yang ada tersebut, pada tahun ini MTs. Ar-Rahmah mencoba mengadakan pendidikan di luar kelas (Outdoor education) dengan mengadakan program Study Tour setelah pada tahun sebelumnya MI. Ar-rahmah juga telah melaksanakan program Outing program berupa Outbound di daerah Ciseeng-Parung-Depok Jawa Barat. Study Tour yang rencananya akan mengunjungi Teater Imax Keong Emas TMII dan Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Hari Senin, 5 Nopember 2012 mengangkat tema “Dengan Study Tour 2012 : Menambah Wawasan dan Meningkatkan Keakraban Peserta Didik dengan Guru”.

Tentunya dalam kegiatan ini siswa akan diperkenalkan dengan sejarah proses kemerdekaan dalam rangka menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme. Serta siswa juga akan diperkenalkan kekayaan budaya Indonesia yang tersaji di Taman Rekreasi Taman Mini Indonesia Indah.

Semoga kegiatan ini bukan hanya sekedar Plesiran belaka, namun akan memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi seluruh peserta didik serta sebagai aplikasi dari materi-materi yang telah mereka terima di dalam kelas.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan luar kelas yang mendekatkan siswa pada alam dan duniapendidikan luar dapat dijadikan salah satu pilihan yang harus dikembangkan untuk menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran sehingga akan memacu peningkatan minat belajar siswa, prestasi, pengalaman, dan wawasan siswa berkembang dan tidak jenuh dengan pembelajaran di dalam kelas, menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar, lebih berkonsentrasi, mengembangkan daya pikir, suasana belajar lebih nyaman, siswa dapat lebih memahami materi pelajaran, siswa lebih berani mengemukakan pendapat dan membuat siswa lebih
aktif. Akhirnya…BRAVO AR-RAHMAH!!!

One thought on “STUDY TOUR MTS AR-RAHMAH TAHUN 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s